Sistem Water Feature (Permainan Air)

Sebagai penambah ketenangan ketika kita istirahat adalah dengan istirahat di area pegunungan atau di area pantai sambil mendengar gemericik air atau deburan ombak. Dengan istirahat di-kedua tempat tersebut akan menambah ketenangan batin dan akan benar-benar menenangkan hati. Apalagi dengan iklim di Indonesia yang notabene banyak daerah pegunungan dan pantai, jadi mudah untuk kita berkunjung ke tempat tersebut.

Akan tetapi dengan kesibukan yang kita miliki, apalagi tinggal di daerah perkotaan seperti Jakarta (Tempat tinggal saya saat ini), kita sangat susah untuk meluangkan waktu berlibur ke pegunungan atau pantai, yang ada hiruk pikuk suara manusia dan suara kendaraan bermotor yang sehari-hari menghiasi suasana di sekitar kita. Kita perlu sekali untuk refreshing dan meng-istirahatkan badan atau pikiran walau sejenak. Walau hanya mendengarkan suara gemericik air mancur atau suara riakan air di kolam sudah akan menambah tenang jiwa kita.

Sumber gambar (https://id.pinterest.com/pin/493355334156618593)

Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi dengan semua tentang perancangan sistem "Water Feature" atau lebih dikenalnya sistem pemainan air (Bisa air mancur atau hanya aliran air yang beriak).

Berikut adalah sistem "Water Feature" sederhana :


Pada sistem ini memiliki element-element penting sebagai berikut :
1. Kolam 
2. Balancing Tank
3. Pompa
4. Filter
5. Strainer

Fungsi masing-masing element adalah :

1. Kolam sebagai tempat penampungan air kolam utama yang digunakan sebagai area air.

2. Balancing tank adalah untuk menyeimbangkan volume air. Jika hujan sedang turun, luapan air yang masuk dalam kolam ditampung oleh alat ini. Namun jika ada air yang berkurang karena penguapan, air dalam balancing tank dimasukan ke dalam kolam lagi. 

3. Pompa sirkulasi yang punya fungsi sebagai pompa transfer untuk menyalurkan air dari balancing tank memasukannya lagi di dalam kolam.
Ada beberapa jenis pompa transfer, seperti pompa centrifugal dan pompa end suction.

4. Filter digunakan sebagai mesin penyaringan dan filtrasi pada air yang mau dimasukan dalam kolam sehingga kondisinya selalu dalam keadaan yang bersih.
Jenisnya juga ada dua yaitu sand filter dan carbon filter.

5. Strainer (Penyaring) berfungsi sebagai penyaring dari kotoran-kotoran, seperti daun, plastik dll, sehingga benda-benda tersebut terjebak dalam saringan dan tidak masuk ke pompa dan bisa diambil di saringan tersebut.

Silahkan download sample gambar sistem water feature dalam format CAD drawing di link berikut,
DOWNLOAD CAD DRAWING

Terima kasih
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sistem Water Feature (Permainan Air)